Senin, 04 Juli 2011

Material Logam iPad Sudah Langka - teknologi.inilah.com

Jepang - Ilmuwan Jepang mengatakan mineral penting untuk pembuatan produk iPad, sudah langka. Tinggal satu kilometer persegi.

"Barang-barang elektronik mengandung mineral logam yang saat ini sudah langka. Sekarang hanya tersedia satu kilometer persegi saja untuk memenuhi seperlima kebutuhan dunia," ujar Yasuhiro Kato, profesor Ilmu Bumi Universitas Tokyo.

Materi mineral yang dimaksud adalah logam tantalum dan yttrium. Kedua logam itu sudah langka sekarang. China adalah negara yang paling banyak punya persediaan mineral logam ini. Mereka menyuplai sekitar 97% kebutuhan dunia.

Tapi Desember lalu China mengumumkan bahwa mereka sudah memangkas jumlah ekspor material ini. Implikasinya, tentu harga iPad dan barang elektronik lain yang sejenis akan semakin mahal.

Hasil temuan Kato ini akan berpengaruh pada jumlah produksi barang elektronik. Namun penelitian terbaru mereka yang dipublikasikan di Nature Geoscience menemukan mineral ini masih ada, tapi terdapat di 3.500 hingga 6.000 meter di bawah permukaan laut, dan hanya ada di 78 lokasi, antara lain Hawaii dan Tahiti.

Tantalum dan yttrium vital untuk membuat berbagai barang elektronik teknologi tinggi, seperti smartphone, tablet, TV layar datar, magnet, dan baterai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar