Sabtu, 12 Mei 2012

Windows RT | Kenapa bukan RW atau Kelurahan?


Windows 8 , sistem Operasi terbaru dari Microsoft, memang masih berupa versi beta yang rencananya akan dilaunching akhir tahun ini. Namun Microsoft sudah memberi nama resmi untuk setiap versi windows 8.

Ada 3 versi utama pada windows 8 :
1. Windows 8 : untuk pengguna PC dan Laptop yang biasa aja.
2. Windows 8 Pro : untuk profesional, app developer, dan penggemar tekno. versi ini menawarkan fitur ramah bisnis, termasuk kemampuan enkripsi, manajemen virtualisasi, dan konektifitas domain.
Baik windows 8 dan windows 8 pro berjalan di perangkat komputer dan tablet dengan processor x86/64 (32 bit dan 64 bit).
3. Windows 8 RT : singkatan dari Windows 8 RunTime. diperuntukkan untuk processor berasitektur ARM yang umumnya saat ini digunakan untuk tablet. 
Dalam Windows RT terdapat versi gratis Microsoft Office meliputi Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Namun tidak terdapat Windows Media Player. Software ini dioptimalkan untuk penggunaan layar sentuh.
Ada Windows 8 RT, ada pula WinRT.
Apa pula itu WinRT?
Windows RunTime atau WinRT merupakan programming model terbaru dari microsoft yang membentuk aplikasi metro-style (dikenal juga dengan Immersive) dalam sistem operasi Windows 8.
WinRT mendukung pengembangan dalam C++ (biasanya dengan Component Extensions, C++/CX) dan bahasa pengaturan C# dan VB.NET serta JavaScript. Program yang dapat ditulis dengan Windows RunTime adalah program yang akan berjalan pada Intel dan ARM.
Nah, bagi yang bingung dengan penjelasan diatas, maka muncul pertanyaan :
Kira - kira bisa di Jailbreak ngga ya?

1 komentar:

  1. Kena ga "kira kirs bisa di root ga yah?" Sekalian yah mas?

    BalasHapus